Belajar CI/CD Jenkins #2: Getting Started

sumber


Setelah melakukan instalasi Jenkins server maka selanjutnya kita harus melakukan beberapa konfigurasi agar Jenkins dapat digunakan untuk menjalankan tugasnya melakukan fungsi CI/CD.




Gambar diatas merupakan tampilan yang akan muncul saat pertama kali mengakses Jenkins Server melalui browser. selanjutnya masukkan password yang telah dimiliki hingga muncul tampilan seperti berikut:


Selanjutnya silahkan klik install suggested plugins untuk menginstal semua plugin yang direkomendasikan. Atau dapat klik select plugins to install untuk memilih sendiri plugins yang mau diinstall. kali ini kita memilih install suggested plugins sehingga akan muncul tampilan berikut:


Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. setelah plugins berhasil diinstal maka kita akan diminta untuk membuat user admin untuk mengakses jenkins, berikut adalah tampilannya:


setelah diisi selanjutnya klik save and continue, kemudian pada page selanjutnya kita dapat melanjutkan hingga masuk kedalam dashboard dari jenkins seperti gambar berikut:


Saat ini Jenkins sudah dapat digunakan untuk membuat Job CI/CD namun masih diperlukan beberapa configurasi lagi seperti install plugins kubernetes apabila ingin mengapply kubectl, instalasi DOCKER apabila ingin jenkins dapat membuat docker image, ataupun configurasi credential, hal ini akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya. Untuk pembahasan lainnya mengenai Belajar CI/CD Jenkins dapat dilihat pada link berikut:
Source: Hasil belajar dan ngulik bareng para suhu : Mas Estu & Mas Huda

Best Regards,
Heri Sulistiyo

Komentar