Tutorial GIT pada UBUNTU #4: perbandingan antara revisi




Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membandingkan isi dari setiat revisi/commit yang telah kita buat sebelumnya. Dengan demikian kita akan mengetauhi apasaja yang telah dirubah dari setiap hasil revisi/commit yang telah dilakukan.

Melihat Perbandingan Commit saat ini dan sebelumnya

untuk melihat perbandingan antara hasil commit maka kita memerlukan Commit Number dengan cara melihat pada log commit, berikut adalah log git yang kita miliki saat ini:
ubuntu@ubuntu:~/nama/directory$ git log --oneline 
c008c20 (HEAD -> master) third commit
d7ee184 second commit
260d7c4 first commit
Saat ini kita berada pada commit number c008c20 kemudian kita akan mengecek perbandingan antara commit number kita saat ini dengan commit number yang ada sebelumnya dengan menggunakan command berikut ini:
git diff <nomor commit pembanding>
Agar lebih mudah, coba kita bandingkan commit saat ini dengan commit pada commit number d7ee184. berikut ini hasil dan penjelasannnya:
ubuntu@ubuntu:~/nama/directory$ git diff d7ee184
diff --git a/login.txt b/login.txt
index 346c6cb..a1a632d 100644
--- a/login.txt
+++ b/login.txt
@@ -1,3 +1,4 @@
 ini perubahan
-di file login
+di file login.txt
 oleh branch master
+ini line tambahan di commit ke tiga
dari hasil diatas kita dapat memperhatikan simbol plus (+) dan minus (-). Berikut ini adalah penjelasannya:
  • Dirubah
-di file login
+di file login.txt
jika ada baris berawalan simbol (-) dan (+) berjejeran seperti diatas berarti hal ini menunjukkan bahwa pada baris berawalan simbol (-) mengalami perubahan menjadi baris yang berawalan simbol (+).
  • Ditambah
+ini line tambahan di commit ke tiga
apabila hanya terdapat baris berawalan simbol (+) saja, hal ini menunjukkan baris tersebut belum ada pada commit sebelumnya dan baru ditambahkan.
  • Dikurangi
terdapat satu kondisi lagi, yaitu dikurangi namun pada file diatas kondisi tersebut tidak ada. hal ini dapat ditunjukkan apabila terdapat baris berawalan simbol (-) saja.

berikut ini terdapat beberapa tambahan command yang dapat digunakan saat menggunakan git diff:
1. apabila ingin melihat perbedaan dari file tertentu dengan number commit yang lain, maka kuar dapat menggunakan command berikut:
git diff <nomor commit pembanding> <nama file>
2. apabila ingin membandingkan antar commit number yang lain (misal ingin membandingkan commit number kedua dengan yang pertama), maka dapat nggunakan commmand berikut:
git diff <nomor commit 1> <nomor commit 2>
3. apabila ingin membandingkan commit antar branch dapat menggunakan command berikut:
git diff <branch A> <branch B>

Demikianlah, beberapa command yang dapat kita gunakan untuk melihat perbandingan dari hasil commit. Untuk pembahasan lainnya mengenai GIT dapat dilihat pada link berikut:

Source: www.petanikode.com

Best Regards,
Heri Sulistiyo

Komentar